Pengertian Internet

Internet adalah jaringan komputer terbesar yang menghubungkan berbagai jaringan komputer dan jutaan komputer yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Internet menghubungkan jaringan-jaringan komputer di bumi dan melibatkan oraganisasi bisnis maupun nirlaba, pendidikan, dan militer. Siapapun dapat berhubugan dengan jaringan ini dan memanfaatkan layanan yang tersedia. Selain itu, perbedaan jenis komputer dan sistem operasi tidak menjadi prasyarat dalam berhubungan dengan jaringan ini. Apa pun komputer yang digunakan, baik berupa PC ataupun minikomputer, baik menggunakan sistem operasi berbasis Linux, Windows, ataupun yang lain, bisa mengakses. Bahkan PDA (Personal Digital Assitant) dan telepon seluler pun dapat terkoneksi ke internet.

Sumber: Google

Gambar Skema jaringan internet


Hubungan antarkomputer dalam internet diatur oleh seperangkat aturan standar komonikasi disebut TCP/IP. TCP berfungsi mengendalikan transmisi paket data dan mengoreksi kesalahan kompresi data. Sementara itu, IP berfungsi sebagai pengenal dan pengantar paket data ke alamat tujuan.

Setiap komputer dan jaringan dalam internet terhubung secara langsung atau tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone. Setiap komputer dibedakan satu dengan yang lain menggunakan sebuah alamat IP. Dalam kondisi demikian, secara fisik internet dapat diartikan sebagai sumber daya informasi. Internet dapat dibayangkan sebagai suatu pusat data (database) atau sebuah perpustakan multimedia yang menyimpan banyak data informasi. Bahkan, internet sering disebut sebagai dunia tersendiri, yang disebut dunia maya. Sebutan tersebut sangat wajar karena dalam internet tercakup hampir seluruh aspek kehidupan seperti ekonomi, bisnis, politik, budaya, sosial, hiburan, serta olahraga.

Banyak kemudahan yang diperoleh dari berbagai layanan pada internet. Melalui internet, komunikasi dapat dilakukan dengan lebih mudah yaitu melalui fasilitas chatting dan electronic mail (e-mail). Dengan internet pula, hampir semua informasi dapat dicari dengan mudah dan cepat. Beberapa jenis layanan penting yyang tersedia di internet sebagai berikut.

Tabel Beberapa jenis layanan dalam internet 


Layanan
Keterangan
E-mail
Digunakan untuk melakukan pertukaran surat elektronik.
USENET (Newsgroup)
Forum diskusi.
IRC (Internet Relay Chat)
Fasilitas yang memungkinkan pemakai melakukan percakapan dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif.
Telnet
Fasilitas yang memungkinkan pemakai melakukan koneksi (login) ke suatu sistem komputer.
FTP (File Transfer Protocol)
Sarana untuk melakukan transfer file dari komputer lokal ke suatu computer lain atau sebaliknya.
World Wide Web
Sistem yang memungkinkan pengaksesan infromasi dalam internet melalui pendekatan hypertext.




0 comments:

Post a Comment

About Me :)

My photo
little girl, funny, cheerful, a Christian, vidatra, IX, loves daddy, loves mommy, loves sisters, loves friends, loves bestfriends, loves 34, loves all, especially my beloved Jesus.

Me :)

Me :)

My Sisters :)

My Sisters :)

My Brother :)

My Brother :)

My Family :)

My Family :)

Love Them :)

Love Them :)



Popular Posts :)

Let's Talk! :)

Followers :)

Visitors :)

Music :)

What Time Is It? :)

Click to Feed Them :)

Search :)

Powered By Blogger

What are You Thinking About My Blog?