Aplikasi Internet

             Internet memberikan banyak sekali manfaat bagi manusia terutama dalam bidang informasi. Perkembangan kebutuhan masyarakat akan informasi mendorong para pembuat program (programmer) berinovasi menciptakan aplikasi internet yang baru. Bertambahnya aplikasi akhirnya akan menambah daftar keuntungan menggunakan internet. Beberapa aplikasi yang disediakan internet antara lain World Wide Web (WWW), e-mail, mailing, FTP, newsgroup, chatt room, dan blog. Untuk memahami karakterisktik dan fungsi aplikasi tersebut, perhatikan uraian berikut ini .

a. World Wide Web
            World  Wide Web (WWW) adalah kumpulan penyedia web untuk digunakan secara massal di seluruh dunia. Di dalam WWW, semua dokumen (teks, gambar, animasi, audio, dan video), menu dan indeks ditampilkan sebagai objek berformat HTML yang dapat dilihat menggunakan Web Browser.

b. Web
           Web berarti jaringan yang dapat menampilkan data-data dan informasi lain melalui internet. Dengan layanan web, kita dapat menulusuri berbagai informasi secara mudah dan cepat. Web memungkinkan sebuah lembaga menyajikan buku, majalah, dan koran dalam format digital sehingga dapat di baca pada layar komputer.

c. Website
            Website merupakan sebuah alamat di WWW yang menyediakan informasi tertentu. Misalnya, www.yahoo.com, www.google.com yang berperan sebagai mesin pencari dan www.detik.com yang berperan menampilkan informasi terkini.



                           Sumber: Dokumen Penulis
                                          Gambar Contoh tampilan website

d. Webpage
            Webpage merupakan bagian dari website yang berupa lembaran-lembaran halaman sebuah website. Jadi, setiap halaman dokumen elektrik disebut webpage. Setiap webpage terhubung dengan webpage lainnya melalui format HTML (Hypertext Markup Language). Kumpulan webpage yang saling terhubung inilah yang disebut website.

e. Homepage
            Homepage merupakan halaman muka sebuah website. Pada halaman muka ini (Home) biasanya berisi link-link ke halaman yang lain dalam website yang sama atau website lainnya.



                                    Sumber: Dokumen Penerbit

                          Gambar Homepage berisi link-link ke halaman lain pada website tersebut

f. Browser
            Browser merupakan aplikasi di internet yang digunakan untuk menjelajah dunia internet. Misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera.

Sumber: Dokumen Penerbit
                          Gambar Mozilla Firefox merupakan salah satu contoh web browser




g. E-mail
            E-mail atau electronic Mail dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Seperti layaknya surat biasa, e-mail memungkinkan Anda mengirim, menerima, menghapus, menyimpan, meneruskan, dan mencetak surat. Menggunakan e-mail Anda dapat mengirimkan surat kepada teman di seluruh penjuru dunia dalam waktu yang singkat. E-mail tidak hanya berisi teks saja, Anda dapat melampirkan berbagai jenis file seperti gambar, animasi, suara, dan video menggunakan fasilitas Attach.

                                                    Sumber: Dokumen Penerbit

                                                        Gambar Yahoo Mail 


h. Mailing List
              Mailing List atau milis merupakan aplikasi internet yang berbasis e-mail. Milis berisi sekumpulan alamat e-mail anggota. Forum milis pada umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi antar anggota dalam milis. Setiap pesan yang dikirim oleh anggota milis secara otomatis akan diterima seluruh anggota.

i.  Blog
            Weblog atau lebih dikenal dengan sebutan blog merupakan aplikasi web yang berupa tulisan yang diunggah pada sebuah halaman web. Blog banyak digunakan sebagai catatan harian, media kampanye, dan publikasi program baik dari pemerintahan maupun instansti wanita. Saat ini, blog banyak juga digunakan sebagai toko online karena untuk membuatnya relatif mudah dibuat dan gratis.


                                                         Sumber: Dokumen Penerbit

                                       Gambar Salah satu penyedia layanan blog di internet


j. Chatting
              Chatting dapat diartikan bercakap-cakap secara tertulis melalui internet. Pesan yang kita tulis dapat ditrerima teman chatting Anda dalma waktu yang sangat singkat. Sesaat teman Anda menerima pesan Anda, seketika itu dia dapat membalas pesan dalam bentuk teks tertulis. 













 

0 comments:

Post a Comment

About Me :)

My photo
little girl, funny, cheerful, a Christian, vidatra, IX, loves daddy, loves mommy, loves sisters, loves friends, loves bestfriends, loves 34, loves all, especially my beloved Jesus.

Me :)

Me :)

My Sisters :)

My Sisters :)

My Brother :)

My Brother :)

My Family :)

My Family :)

Love Them :)

Love Them :)



Popular Posts :)

Let's Talk! :)

Followers :)

Visitors :)

Music :)

What Time Is It? :)

Click to Feed Them :)

Search :)

Powered By Blogger

What are You Thinking About My Blog?