Dampak Perkembangan Internet

         Oleh karena berbagai kemudahan yang ditwarkannya banyak orang yang memanfaatkan internet. Namun, di balik kemudahan ada pula dampak, terutama dampak negatif yang harus Anda waspadai.

a. Dampak Postif
         Secara umum dampak positif dari penggunaan internet antara lain sebagai berikut.
1) Internet sebagai media pelajar. Beragam informsi disediakan oleh internet. Informasi-informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan cepat melalui search engine (mesin pencari).
2) Fasilitas chatting dan e-mail mempermudah komunikasi. Contohnya informasi tentang bisnis, olahraga, pendidikan, jadwal penerbangan, dan paket pariwisata.
3) Kemudahan dalam menyampaikan informasi membuat internet sering digunakan untuk kampanye maupun sosialisasi undang-undang, peraturan pemerintahan, atau kegiatan yang perlu diketahui masyarakat lainnya.
4) Internet dapat digunakan sebagai media promosi. Promosi dalam internet dapat dilakukan melalui iklan baris, website, maupun jejaring sosial yang kini marak seperti Facebook dan Twitter.
5) Bank-bank memanfaatkan fasilitas internet untuk mempermudah proses untuk transaksi. Dengan kemudahan ini, nasabah tidka perlu datang ke kantor bank karena transaksi dapat dilakukan secara online.
6) Selain informasi, internet juga menyediakan hiburan, misalnya game online. Para pecinta game dapat bermain game dengan orang lain di berbagai penjuru dunia.

b. Dampak Negatif
          Berbagai dampak negatif penggunaan internet antara lain sebagai berikut.
1) Mudahnya memperoleh informasi yang sebenarnya tidak layak dikonsumsi masyarakat. Misalnya informasi yang mengandung unsur SARA dan pornografi. Untuk informasi semacam ini, Anda harus benar-benar membentengi diri karena informasi seperti demikian pada akhirnya dapat meracuni pikiran Anda.
2) Munculnya kejahatan di dunia maya (cyber crime). Ada banyak kejahatan yang berkembang di dunia maya, misalnya penipuan lewat Facebook, dan Yahoo! Messenger, serta serangan hacker. Hacker adalah seseorang yang masuk ke dalam jaringan (akun) oran glain dengan tujuan memperoleh keuntungan tertentu. Kejahatan lainnya yaitu membobol kartu kredit orang lain yang kemudian digunakan untuk membeli barang-barang via internet.
3) Menyebarnya virus perusak data. Virus komputer mudah sekali menyebar melalui internet. Akibatnya selain merusak data, virus dapat merusak sistem pada komputer.
4) Lunturnya rasa sosial masyarakat karena pengguna internet terlalu asyik berkomunikasi lewat internet, bukannya berkomunikasi secara langsung.


  

0 comments:

Post a Comment

About Me :)

My photo
little girl, funny, cheerful, a Christian, vidatra, IX, loves daddy, loves mommy, loves sisters, loves friends, loves bestfriends, loves 34, loves all, especially my beloved Jesus.

Me :)

Me :)

My Sisters :)

My Sisters :)

My Brother :)

My Brother :)

My Family :)

My Family :)

Love Them :)

Love Them :)



Popular Posts :)

Let's Talk! :)

Followers :)

Visitors :)

Music :)

What Time Is It? :)

Click to Feed Them :)

Search :)

Powered By Blogger

What are You Thinking About My Blog?